deraone Deraone adalah penyedia managed vps dan web hosting yang memenuhi semua kebutuhan platform Anda. Kami memberikan layanan dengan teknologi terkini dengan layanan yang profesional. Temukan pengalaman terbaik Anda bersama kami.

Cara Mengetahui Uptime Server Situs WordPress

4 min read

Apakah Anda ingin memantau uptime server untuk situs WordPress Anda? Memantau uptime server memungkinkan Anda mendapatkan pemberitahuan peringatan ketika situs web Anda turun atau tidak dapat diakses.

Menjaga situs web Anda tetap online memastikan bahwa pelanggan Anda tidak pernah mengalami masalah saat mengunjungi situs web Anda. Situs yang tidak responsif tidak hanya buruk untuk pengalaman pengguna, tetapi juga buruk untuk peringkat SEO Anda.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memantau waktu aktif server di WordPress dengan mudah. Kami akan membagikan beberapa solusi pemantauan waktu kerja, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.

Apa itu Pemantauan Uptime Server Situs Web?

Pemantauan uptime server situs web memungkinkan Anda melacak pemadaman di situs web Anda. Alat pemantauan uptime server memberi tahu Anda segera jika ada yang tidak beres dengan situs web Anda, sehingga Anda dapat segera memperbaikinya.

Banyak perusahaan hosting WordPress menjanjikan waktu aktif server 99,9%. Namun, terkadang tidak demikian.

Tanda terbesar dari layanan hosting yang buruk adalah server mereka sering turun dan tetap tidak aktif selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam.

Mengapa Anda Perlu Memantau Uptime Server?

Seringkali pengguna mempercayai perusahaan web hosting mereka dan membiarkan penjagaan mereka turun. Terkadang Anda bahkan mungkin tidak tahu apakah situs web Anda mengalami downtime khususnya jika terjadi di tengah malam atau selama liburan.

Waktu henti situs web dapat sangat memengaruhi bisnis, reputasi situs web, dan pengalaman pengguna Anda.

  1. Lebih Banyak Waktu Henti Berarti Kehilangan Uang: Jika situs web Anda tetap tidak dapat diakses untuk jangka waktu yang lama, Anda pasti akan kehilangan pendapatan.
  2. Pengalaman Pengguna dan Reputasi Merek: Membuat situs web Anda tidak berfungsi sama seperti menutup pintu di depan pengguna meskipun Anda tidak melakukannya dengan sengaja. Ini menciptakan kesan buruk dan Anda mungkin kehilangan pelanggan potensial.
  3. Pengaruh Mesin Pencari: Jika situs web Anda sering down, maka mesin pencari mungkin menganggap bahwa situs web Anda tidak signifikan atau kurang konsisten. Seringkali mereka menghukum situs web yang gagal mempertahankan waktu aktif 24/7.

Jelas, Anda tidak bisa hanya duduk di depan komputer dan terus menyegarkan situs web Anda untuk melihat apakah sudah aktif.

Ada beberapa alat yang sangat bagus dan gratis yang dapat Anda gunakan untuk memantau waktu aktif server secara otomatis untuk situs web Anda.

Layanan ini akan memonitor uptime situs Anda dan juga akan segera memberi tahu Anda melalui email, atau pesan SMS ketika server Anda sedang down.

Mari kita lihat beberapa alat terbaik untuk memantau waktu aktif server untuk situs web Anda.

1. Pantau Uptime Server dengan Robot Uptime

Uptime Robot menawarkan paket gratis dan berbayar untuk memantau waktu aktif server Anda.

Paket gratis mereka memeriksa situs web Anda setiap 5 menit, dan paket berbayar setiap 60 detik. Paket berbayar mulai dari $ 4,50 per bulan (ditagih setiap tahun), dan itu termasuk SMS, panggilan suara, email, dan peringatan lainnya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web Uptime Robot dan klik tombol Daftar.

Selanjutnya, Anda perlu memilih rencana untuk layanan pemantauan Anda.

uptimerobot plan

Setelah itu, selesaikan proses pendaftaran dan masuk ke dasbor akun Robot Uptime Anda. Dari sini, Anda perlu mengklik tombol Add New Monitor.

Kemudian akan memunculkan popup di mana Anda perlu memilih metode pemantauan (HTTP atau HTTPS), dan kemudian menambahkan URL situs web Anda. Dalam modal yang sama, Anda juga dapat mengatur peringatan untuk dikirim saat situs web Anda tidak aktif.

uptime server by uptime robot

Setelah Anda selesai, klik tombol ‘Buat Monitor’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Robot Uptime sekarang akan menyimpan situs web Anda dan mulai memantau waktu aktif server Anda. Anda akan melihat statistik mendetail di dasbor akun Anda dan menerima lansiran saat situs web Anda tidak aktif.

2. Menyiapkan Pemantauan Uptime Menggunakan Pingdom

Pingdom adalah alat pemantauan kinerja populer yang memungkinkan Anda mengatur pemantauan waktu aktif server untuk situs web Anda. Pingdom adalah layanan berbayar dengan paket mulai dari $ 42 per bulan. Mereka juga memiliki paket awal seharga $ 165 / tahun.

Pingdom adalah platform yang lebih kuat yang menawarkan layanan pemantauan waktu aktif secara real-time. Mereka menawarkan statistik rinci, log, pemantauan dari berbagai lokasi geografis, dan banyak lagi.

Pertama, Anda perlu mengunjungi situs web Pingdom dan mengklik tombol hijau untuk memulai uji coba gratis Anda.

pingdom

Anda akan diminta untuk memberikan email dan kata sandi untuk membuat akun. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan nomor telepon, email, zona waktu, dan URL situs web. Pastikan untuk memeriksa performa dan opsi pemantauan, lalu klik tombol ‘Let’s get started’.

Pingdom akan secara otomatis mengatur pemantauan dan akan mengirimkan peringatan tes ke alamat email Anda. Itu saja, Anda telah berhasil menyiapkan pemantauan waktu kerja untuk situs web Anda menggunakan Pingdom.

Anda dapat mengatur beberapa peringatan dan pelacakan untuk berbagai lokasi. Dokumentasi dan dukungan Pingdom dapat membantu Anda mengaturnya, tetapi antarmukanya cukup lurus ke depan.

Pingdom juga menyimpan riwayat waktu operasional Anda, sehingga Anda dapat mengevaluasi dengan benar kinerja perusahaan hosting web Anda dari waktu ke waktu.

3. Memeriksa Situs Web Anda Apakah Sedang Mengalami Down

Jika Anda hanya ingin tahu apakah situs web Anda benar-benar tidak aktif, atau Anda menghadapi masalah internet, Anda dapat melakukannya dengan cepat menggunakan alat pemeriksa waktu aktif IsItWP.

Cukup buka alat Uptime Checker IsItWP dan masukkan alamat situs web Anda.

isitwp uptime server

Alat Pemeriksa Uptime akan dengan cepat memeriksa situs web Anda dan akan menunjukkan kepada Anda apakah situs web Anda sedang mengalami downtime.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Website Anda Down?

Jika situs web Anda down, dan Anda perlu mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, maka berikut adalah petunjuk langkah demi langkah yang harus Anda ikuti.

Langkah 1. Pastikan bahwa ini untuk semua orang dan bukan hanya Anda

Anda dapat memulai dengan memeriksa situs Anda menggunakan alat pemeriksa waktu aktif IsItWP. Jika itu menunjukkan bahwa situs web Anda aktif, maka itu mungkin hanya internet Anda.

Pertama, kosongkan cache browser dan cache DNS Anda. Setelah itu muat ulang situs webnya.

Jika tidak berhasil, lihat apakah Anda dapat mengakses situs web Anda dari alamat IP yang berbeda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan VPN atau bahkan hanya menggunakan internet ponsel Anda.

Jika Anda dapat mengakses situs web Anda, ini berarti ISP atau perusahaan hosting Anda secara tidak sengaja telah memblokir alamat IP Anda. Anda dapat menghubungi kedua penyedia layanan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Anda baru-baru ini mengubah setelan DNS nama domain Anda, ini juga bisa berarti bahwa DNS belum diperbarui di lokasi geografis tertentu Anda.

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menunggu sampai DNS diperbarui dengan benar. Ini mungkin memakan waktu beberapa jam hingga satu hari.

Langkah 2. Jika Situs Web Anda Tidak Aktif untuk Semua Orang

Jika Anda telah memverifikasi bahwa situs web Anda tidak aktif untuk semua orang, Anda harus segera menghubungi penyedia hosting Anda. Mereka mungkin mengalami masalah dengan server mereka dan dapat memberi Anda detail lebih lanjut.

Biasanya, perusahaan hosting cepat menanggapi masalah seperti itu, dan situs web Anda akan segera kembali.

Namun, jika situs Anda sering down, atau Anda tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari mereka, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3. Pindah ke Penyedia Hosting yang Lebih Baik

Karena persaingan yang ketat di industri hosting, beberapa perusahaan yang kurang terkenal memangkas biaya dengan menggunakan teknologi usang, staf tidak terampil, dan layanan pelanggan yang tidak memadai.

Namun, jika situs web Anda sering down dan Anda tidak dapat berbuat banyak, maka Anda perlu pindah ke penyedia hosting yang lebih baik.

Berikut daftar penyedia hosting WordPress yang andal:

deraone Deraone adalah penyedia managed vps dan web hosting yang memenuhi semua kebutuhan platform Anda. Kami memberikan layanan dengan teknologi terkini dengan layanan yang profesional. Temukan pengalaman terbaik Anda bersama kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *